Yeah… Sekali kali artikel sok tau, karena kemarin baru dapat wangsit dari Juragan DOHC
… Mesin Orangejuss ngebul dikit dan boros oli mesin, baru menempuh 1000
km sudah nambah oli sebanyak 400an ml… Sangat tidak wajar karena
biasanya cuman nambah beberapa puluh ml… Kebocoran oli pada sela sela
mesin pun nihil pada waktu saya periksa, disinyalir oli masih keruang
bakar dan ikut terbakar bersama bbm… Tambah yakin kalau masuk keruang
bakar karena keluar asap putih tipis pada knalpot saat memanasi motor
pada pagi hari… Pasti ada yang ga beres, dan langsung saja menghubungi
WD Garage untuk stor motor …
Juragan DOHC ga berani berspekulasi terhadap borosnya oli dan keluarnya asap putih ini… Karena memang menurrutnya ada berbagai macam penyebabnya, antara lain seal klep yang sudah jelek dan ring piston yang sudah soak…
Seal klep, ini bendanya
kecil, mungil, dan imut imut, harganya pun murah meriah, paling 20
ribuan… Namun pada saat ganti seal klep musti buka head silinder,
letaknya didalam head silinder… Kalau Pulsar sendiri musti turun mesin
seglondong karena rangka akan menghalangi untuk membuka silinder head…
Motor ada yang memakai 4 klep dan 2 klep per silinder, tergantung
motornya… Kalau seal klep sudah aus dan rawan bocor ganti saja wong
harganya cukup murah…
Ring piston, ini
letaknya lebih rumit lagi, benda yang terdiri beberapa ring ini terletak
di piston… Piston sendiri letaknya ditengah tengah silinder, jadi kalau
ganti musti copot semua headnya sampai bawah… Penggantian ring piston
sendiri sepertinya cukup rumit… Musti melepas semua silinder head, lepas
piston, dan baru proses penggantian ring pistonnya… Harga ring piston
Bajaj Pulsar 180 UG4 seperti di atas saya kemarin tebus dengan mahar 80
ribu rupiah…
Cukup mahal untuk ukuran beberapa ring besi tipis, tapi ini original diimport dari India, jadi ga papa lah mahal dikit …
Setidaknya dua itu yang disampaikan
Juragan WD kemarin pada saat akan menangani OrangeJuss yang olinya
ngowos mirip lokomotif dan sedikit ngebul… Kalau ada penyebab lain
mungkin adanya kebocoran pada bak mesin, seperti packing yang sudah
mulai rusak atau sobek…Cukup mahal untuk ukuran beberapa ring besi tipis, tapi ini original diimport dari India, jadi ga papa lah mahal dikit …
Last, bagi yang oli mesin motornya berkurang banyak dan tidak wajar ada baiknya segera check up ke bengkel… Kalau oli mesin berhasil masuk ke ruang bakar bisa tidak baik bagi masa depan komponen di ruang bakar seperti piston dan klep tuh… Oli yang ikut terbakar bakalan jadi penyumbang kerak yang akan memenuhi mesin sehingga mesin tidak bisa bekerja sempurna…
Sumber : ardiantoyugo.com
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html
Pantesan motor ane si burhan ngebul, ini toh penyebabnya. thanks
ReplyDelete