Yamaha Vixion & Jupiter MX memang mengusung teknologi canggih…
salah satunya system pendinginan air (Liquid Cooled) pada head cylinder
& block silinder……. Nikmat rasanya mengendarai kedua type motor
keluaran Yamaha tersebut, tetapi kenikmatan tersebut rupanya hanya
fatamorgana belaka……
Liquid Cooled memang berfungsi untuk
mendinginkan/menurunkan/menstabilkan temperature/suhu pada mesin yaitu
pada cylinder head& cylinder block yang menjaga ruang baker mesin
mencapai suhu optimal serta dapat membuat endurance mesin tahan lama……
tetapi mengakibatkan kita lengah terhadap mesin motor kita layaknya kita
sedang memakai kendaraan dengan mesin berpendingin udara (Air Cooled)
yang ada semacam sirip pada cylinder head & cylinder block untuk
melepas panas ke alam bebas yang dapat berakibat FATAL…!!!
Jangankan penunggang/rider/user yang mempunyai vixion/Jupiter MX yang
tidak mengerti tentang mesin motor kesayangannya….. Mekanik beres pun
ada yang belum menguasai pasal perawatan Liquid Cooled ini…
Contohnya sebuah kasus dari belasan kasus yang sama singgah ke saya
pada hari sabtu serta mendorong saya untuk menulis artikel ini karena
sudah tak tahan lagi dengan perlakuan mekanik beres pada vixion customer
saya……
Berdasarkan laporan sang end user rupanya vixion beliau awalnya jatuh
lalu di bawa ke beres Yamaha langganannya untuk membenahi vixionnya
yang katanya sempat menginap 3 hari di beres Yamaha, selesai dari beres
timbul keluhan dari sang end user “kok air radiatornya sering habis
terus yah? Dimulai dari reservoir tank yang habis duluan lalu yang di
radiator pun ikut-ikutan habis dan juga akselerasinya lambat sekali dan
berat topspeednya”. Singkat kata beliau kembali meluncurkan vixionnya
ke beres Yamaha langganannya kembali untuk di “beres” kan keluhannya.
Akhirnya menginap lah kembali vixionnya di beres Yamaha… kalau tidak
salah 2 hari menginapnya ujar beliau.
Tetapi rupanya penyakit motornya yang sama kembali membuat ulah……..
“air radiator sering habis Dimulai dari reservoir tank yang habis duluan
lalu yang di radiator pun ikut-ikutan habis dan juga akselerasinya
lambat sekali dan berat topspeednya” kembali si end user berujar.
Akhirnya setelah bernegosiasi tentang jadwal booking bongkar mesin pada
saya tersepakati maka kemarin lah saya di beri kesempatan untuk
memeriksa & membongkar mesin motor vixion kesayangannya.
Setelah saya bongkar……. “Alamaaaaaaakkkkkk telat beberapa hari aja
bisa jebol total nih mesin vixionnya boooossss……. Diapain aja boooosss
mesinnya kemarin-kemarin menginap berhari-hari di beres Yamaha….. ini
juga gasket/paking head silinder, paking block silinder bagian bawah
& cover waterpump pake di kasih lem segala…ck…ck…ck…” ujar saya
kepada sang pemilik vixion.
Mari silahkan disimak sebagian foto-foto berikut ini. Jangan lupa
untuk menyiapkan kacang goreng, kopi, rokok & kartu remi yaaaah
wkwkkwkwwk…….
Alangkah kita sebaiknya selalu check mesin motor kita yang bersistem
liquid cooled/water cooled seperti Yamaha V-ixion & Jupiter MX
apakah ada kebocoran seperti pada gambar berikut ini =
Selalu check ketinggian permukaan air radiator pada radiator seperti gambar berikut ini =
Dan terakhir serta yang paling UTAMA untuk yang suka bongkar-bongkar
mesin V-ixion/Jupiter MX dapat men-check tanda-tanda kebocoran air
radiator pada waterpump (seal karet & as rotor baling-baling pompa
nya) seperti pada gambar berikut =
Ingin mesin V-ixion or Jupiter MX anda di dalam crankcase nya dipenuhi bubur sum-sum seperti gambar-gambar di atas kah…?
Silahkan dirawat & diperhatikan kesehatan mesin motor nya yah… jangan sampai terlambat…
PS = Apabila melakukan service pada beres kalau bisa diperhatikan
kerja mekaniknya & bawel sedikit tidak apa-apa demi parts-parts yang
harus di ganti, jangan ditinggalkan begitu saja motornya demi secangkir
kopi di warung seberang bengkel resmi.
WASPADA… WASPADA… WASPADA LAH……………
Sumber : modifmania.com
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html
No comments:
Post a Comment