Sunday, November 5, 2017

Ciri-ciri Seal Klep rusak…Sebelum anda totalan ragat mesin kenali gejalanya!

mumet ora bro…kalo nyawang motor pas distater ngebul kaya foging demam berdarah?? Yo jelas pusing pala babyyyyyy………….Lha kalo hal kaya gitu terjadi yang jadi penyebabnya apa ya?? apakah ring piston atau seal klep??

jaman dulu honda cb dan gl tidak memakai seal klep pada bos klepnya….dan itu fine2 saja…motornya juga masih pada sehat dan malah jadi legendaris…di era mesin max/gl/pro series bos klep mengalami perubahan dengan adanya seal klep!! Nah jika dipagi hari sewaktu manasin mesin kok ada ngebul tipis berwarna putih….bisa dicurigai seal klep pasti sudah kemakan…saat mesin sudah stasioner setelah panas…biasanya asap putih akan hilang sendirinya….tapi jangan ditanya…seminggu berselang oli akan berkurang dari awal sewaktu pertama diisi…hehehehe….
seal klep kaku dan sudah lower...bikin oli mbrabas ke knalpot
seal klep kaku dan sudah lower…bikin oli mbrabas ke knalpot
Kenapa seal klep bocor bisa terjadi…

1. seal klep sudah aus…4tahun masa pemakaian atau 50ribu KM yo jelas karet pada seal klep ini sudah lower alias kendor…meskipun seal yang bagus terbuat dari silikon
2. as klep bengkok!!..inilah faktor yang menyebabkan seal klep bahkan bos klep jebol…setting top yang terlalu mundur biasanya menjadikan klep berciuman dengan piston saat TMA..
3. oli yang naik keruang bakar….ring oli yang sudah aus akan menyebabkan oli akan masuk keruang bakar saat piston bertranslasi….nah sisa pembakaran yang berupa kerak ini akan mengeras dan menempel pada payung klep dan as klep yang ujung2nya membuat seal klep njeber dan kaku
payung klep kotor..awalnya oli naik karna tidak tersekat ring oli (pada piston)
payung klep kotor..awalnya oli naik karna tidak tersekat ring oli (pada piston)
Nah…dari sini bisa dipastikan kalo mesin ngebul ya korter+ ganti seal klep sekalian biar gak 2kali kerja…toh harga seal klep cuma 25ribu-40ribu sepasang….
seal klep ori kimcil ndan
seal klep ori kimcil ndan
jika ring oli sehat ruang bakar bersih dan kering...daerah sekitar klep juga kering tanpa ada timbunan karbon
jika ring oli sehat ruang bakar bersih dan kering…daerah sekitar klep juga kering tanpa ada timbunan karbon
mudah2an tulisan ini bisa menjawab pertanyaan2 yang masuk via sms atau wa…untuk ilustrasi saya ambil dari gugel lho ya…yang atas penampakan vixion/jupi mx…yang bawah sonicnya honda yang nempel ke mesin matic!!

Sumber : 5osial.com
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html

No comments:

Post a Comment