Saturday, November 11, 2017

CIRI CIRI PENYEBAB KERUSAKAN KLEP GEJALA GEJALA YANG TERJADI PADA MOTOR DAN CARA MEMPERBAIKI KLEP PADA MOTOR.


Penyebab penyebab terjadinya kerusakan pada klep motor sendiri banyak sekali dampak akibatnya jika anda tidak response terhadap klep kendaraan anda dengan cepat.
Pada dasarnya klep sendiri sangatlah berperan penting untuk kenyamanan dalam berkendaraan dan juga kenyamanan dalam performa pada motor itu sendiri.
Nah pada kesempatan malam ini saya akan membahas tentang ciri ciri penyebab kerusakan pada klep motor serta cara memperbaiki klep motor tersebut.

Pada jenis jenis pada motor, honda, yamaha, suzuki, matic, bebek, motor besar seperti scorpio, tiger, bison, ninja, fu, verza dan lain lain juga hampir sama cara kerja klep nya.
Maka di sini saya akan membahas garis besarnya tentang ciri ciri gejala gejala dan perbaikan klep tersebut dan semoga apa yang saya tulis kali ini bermanfaat untuk anda semua.

Sebelum kita memulai tentang topik ciri ciri dan gejala gejala kerusakan klep alangkah baiknya kita mengetahui lengkap apa saja fungsi klep dan bahannya serta jenis jenis klep tersebut, agar anda semua akan dapat lebih jeli dan detile dalam hal perbaikan ,atau pun mengetahui kerusakan pada klep itu sendiri tanpa membongkar sedikit pun mesin motor anda.

Pelatuk klep pada motor sendiri berfungsi sebagai pengatur buka tutup dan penghubung antara, camshaft dan valve sebagai penggerak naik dan turunya atau buka dan tutupnya klep.
Dan cara kerja pada roket arm sendiri di gerakan oleh camshaft sehingga valve dapat tertekan dengan sempurna.

Penggerakan roket arm bersama camshaft sendiri dapat terjadi karna gesekan ataupun benturan pada permukaan camshaft pada permukaan roket arm sendiri.
Klep sendiri terbuat dari bahan yang sangat berkualitas tinggi, logam titanium yang telah di lapisi oleh bahan bahan aktif sehingga dapat menjadikan klep sendiri sangat keras lebih dari baja dan tahan terhadap panas yang dapat memicu keretakan terhadap baja.



Klep sendiri terdapat jenis jenis serta fungsi dan kelebihannya masing masing, Berikut jenis jenis klep pada motor :


1. Jenis klep Hard Chrome Plating Valve.

Klep motor jenis ini biasanya di miliki oleh kendaraan yang mempunyai mesin berkinerja sangat tinggi dan baik.
Klep jenis hard chrome plaiting valve sendiri terdapat batang katup dengan koefisien gesek yang lebih rendah dari pada katup klep pada umumnya.
 Klep jenis ini pun sangat di sarankan memakai jenis oli yang cukup kental dan juga memiliki interior mesin atau aplikasi perpindahan panas mesin yang lebih baik dari pada mesin motor pada umumnya.

2. Klep jenis Sodium Filled-Hollow Stem Valves.

Klep jenis ini terdapat rongga pada ujung batang klep yang berfungsi sebagai peredam suhu panas dengan cara , mentransfer suhu panas yang terdapat pada daun klep menuju pada bagian bagian klep dengan memanfaatkan natrium sebagai perantaranya, natrium tersebut terletak di antara rongga rongga di dalam klep tersebut. Selain dari pada itu ternyata jenis klep rongga ini juga memiliki bobot yang sangatlah ringan di bandingkan dengan klep klep jenis lain.
Tetapi klep jenis ini tidak cocok pada kendaraan yang memiliki panas mesin di atas 1550 derajat celsius karna jika natrium pada rongga klep tersebut terkaena dengan panas pada mesin di atas 1650 derajat celcius tersebut akan menyebabkan terbentuknya gas berbahaya bagi manusia.

3. Jenis klep Bimetallic Forged Valves.

Jenis klep ini adalah salah satu katup katup klep tercanggi yang dimiliki oleh mesin mesin motor yang sangatlah extrim.
Jenis klep bimetallic tersebut di buat menggunakan perpaduan baja yang baik dan juga memiliki jenis dan bahan menjadi 2 bagian dalam satu batang katup.
Katup ini sebenarnya di rekomodasikan sebagai katup pesawat terbang, tetapi pada pencinta motor gp katup ini pun di pakai untuk kendaraan ektrim tersebut.

4. Katup jenis titanium valve.

Jenis katup seperti ini di gunakan pada mesin yang memiliki rpm tinggi.
Jenis katup klep ini berbahan ringan dan tahan terhadap panas sehingga Semakin tinggi fluktuasi suhu antara asupan udara dan gas buang menjadi lebih rendah.

5. Katup jenis Coatings Valve.

Katup jenis ini merupakan jenis katup yang mempunyai permukaan yang baik yang dapat mengurangi suhu panas pada permukaan 200-300 derajat celcius.
Selain itu jenis klep ini juga dapat meningkatkan keklerasan pada daun klep tersebut sekitar 50 % dari rata rata katup pada umumnya.

RANGKAIAN PADA KATUP MOTOR.
Seketsa rangkaian sederhana pada katup /klep motor.


Cam=> Cam follower=> Poros bubungan (Camshaft)=> Desmodromic valve =>Hydraulic tappet =>Multi-valve=> Overhead camshaft=>Overhead valve =>Pneumatic valve springs=>Poppet valve=> Pushrod =>Rocker arm=>Sleeve valve=>Tappet=>Timing belt =>Timing mark =>Valve float=>Variable valve timing.

MACAM MACAM KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA KLEP SERTA CARA PERBAIKANNYA.


Ada beberapa di antara kerusakan yang sering terjadi pada klep itu sendiri antaranya :
1. Klep tersebut rusak bengkok pada batang klep.
2. Klep tersebut rusak dan batang atau permukaan klep telah haus atau mengecil.
3. Klep tersebut rusak dan pecah pada permukaan klep.
4. Klep tersebut rusak dan batang klep retak ataupun patah.
Kemungkinan kemungkinan kerusakan yang akan terjadi yang di sebabkan oleh klep bengkok pada batang klep/katup/valve.

1. Motor sangat sulit di hidupkan.
2. Pergerakaan katup pada bos katup tidak leluasa ataupun mungkin akan berakibat tidak dapat bergerak sedikit pun.
3. Motor saat digas atau tarikan pada motor menjadi sangat berat.
4. Motor tersebut mogok mendadak dan tidak dapat hidup.
5. Bos katup haus, pecah atau retak ( jika tidak di tanggulangi secepatnya ).


Cara melakukan perbaikan pada klep yang bengkok.


Jika kondisi kerusakan tersebut seperti pada diatas anda dapat mengganti katup tersebut dengan yang baru dan melakukan pemasangan secara jeli dan sangat hati hati.
Ada beberapa yang wajib anda lakukan dalam hal mengganti katup yang baru.

- Saat anda hendak menyetel gap pada katup sebaiknya pada posisi mesin pada motor dingin atau posisi mesin dalam kondisi dingin.
-  ingat dalam memasang katup, sedikit pengetahuan saja “ jika katup in itu memiliki payung atau permukaan yang lebih besar. Sedangkan katup ex sendiri memiliki payung dan permukaan yang kecil.
- Pada katup EX sendiri terdapat satu oli seal dan langkah dalam pergantian baru anda juga di haruskan mengganti oli seal tersebut dengan yang baru.
- Pada katup sendiri memiliki 2 buah pegas/ per satu pada bagian dalam memiliki pegas/per kecil sedangkan pada bagian luar memiliki pegas besar.

Coba anda lebih teliti dan ingat per pada katup/ klep jangan tertukar pada per pad kopling, hal ini mungkin saya temui banyak terjadi, maka dari itu saya mengingatkan lagi.
Kemungkinan kemungkinan kerusakan yang akan terjadi yang di sebabkan oleh klep haus/longgar pada batang klep/katup/valve.

Ciri-ciri Gejala gejala Klep Rusak,Bocor, Bengkok, longgar, haus Pada Motor :


- Pada kebanyakan motor mengalami Kompresi motor menjadi bocor
- Yang paling umum di alami jika klep bocor ialah Motor susah dihidupkan di engkol tidak hidup padahal api busi menyala.
- Jika posisi motor dapat hidup kondisi hidupnya motor sangat sangat tidak langsam dan menunggu waktu - langsamnya /mesin Hidupnya tidak normal.
- Pemicu yang mungkin sering terjadi ialah bahan bakar pada motor menjadi sangatlah boros.
- Saat berjalan, di gas, geber motor tidak berjalan langsam atau mengalami penurunan tenaga dan normal lagi, terus dalam waktu yang sama.
- Akibat akibat yang terjadi jika Klep motor anda Rusak, Bocor dan Bengkok :
- Jika klep tersebut seperti diatas biasanya batang pada klep tersebut koplak, konclak atau sangatlah longgar.
- Katup katup/ klep gerakannya menjadi lebih dan sangat sangat goyang, saat di kencangkan akan kembali goyang lagi.
- Oli pada kepala silinder bocor atau masuk di dalam kompresi atau ruangan kompresi / ruang bakar.
- Oli mesin cepat sekali habis atau sering  berkurang dalam waktu yang singkat jika di hidupkan motor tersebut.
- Motor mengalami keluarnya asap yang hitam dan tebal di knalpot, hal ini terjadi karna oli yang mrembes pada ruang bakar.
- Busi cepat kotor / hitam / basah dan cepat lemah dan mati
- Ruang bakar cepat kotor hitam glenteng dengan waktu yang sangat sangat singkat
- Hawa pada lubang busi atau pada kepala piston terdapat kotoran hitam/ debu hitam/ oli hitam yang keluar pada saat busi di lepaskan dan di engkol.


Tips menyetel klep yang baik dan benar.


Jika kondisi kerusakan tersebut seperti pada diatas anda dapat mengganti katup tersebut dengan yang baru dan melakukan pemasangan secara jeli dan sangat hati hati.

Ada beberapa yang wajib anda lakukan dalam hal mengganti katup yang baru.

- Saat anda hendak menyetel gap pada katup sebaiknya pada posisi mesin pada motor dingin atau posisi mesin dalam kondisi dingin.
-  ingat dalam memasang katup, sedikit pengetahuan saja “ jika katup in itu memiliki payung atau permukaan yang lebih besar. Sedangkan katup ex sendiri memiliki payung dan permukaan yang kecil.
- Pada katup EX sendiri terdapat satu oli seal dan langkah dalam pergantian baru anda juga di haruskan mengganti oli seal tersebut dengan yang baru.
- Pada katup sendiri memiliki 2 buah pegas/ per satu pada bagian dalam memiliki pegas/per kecil sedangkan pada bagian luar memiliki pegas besar.
Coba anda lebih teliti dan ingat per pada katup/ klep jangan tertukar pada per pad kopling, hal ini mungkin saya temui banyak terjadi, maka dari itu saya mengingatkan lagi.
Kemungkinan kemungkinan kerusakan yang akan terjadi yang di sebabkan oleh klep haus/longgar pada batang klep/katup/valve.


Cara mengganti klep atau memperbaiki klep.


1. Bersihkan klep, siting dan bos klep menggunakan bensin.
2. Pasanglah sil klep dengan cara memberikan sedikit oli agar tidak kesat dan tekan.
3. Pada batang klep dan payung klep dan juga siting oleskan sedikit oli atau pelumas lalu masukan .
4. Masukan per kecil dan besar pada klep dan juga penahan nya. (Jika pada bagian per atau pear klep terdapat komposisi rapat dan renggang, bagian yang rapat ialah pada bagian yang bawah.
5. ganjalah daun klep dan katu klep sebelum anda menekannya sehingga klep akan tertahan jika disaat penakanan
6.  tempelkan pipa yang berdiameter 3/4 pada penahan plat klep dan katup klep.
7. Pukullah menggunakan palu pada pipa yang telah menyentuh plat klep tersebut secara cridit dan hati hati.
8. Cek kembali klep dengan menggunakan bensin pad klep dan periksa apakah terdapat kebocoran, ceklah pada bagian satu persatu hingga semuanya berjalan baik.
Sumber : tehnikmesin.xyz
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html






No comments:

Post a Comment