mumet ora bro…kalo nyawang motor pas distater ngebul kaya foging
demam berdarah?? Yo jelas pusing pala babyyyyyy………….Lha kalo hal kaya
gitu terjadi yang jadi penyebabnya apa ya?? apakah ring piston atau seal klep??
jaman dulu honda cb dan gl tidak memakai seal klep
pada bos klepnya….dan itu fine2 saja…motornya juga masih pada sehat dan
malah jadi legendaris…di era mesin max/gl/pro series bos klep mengalami
perubahan dengan adanya seal klep!! Nah jika dipagi hari sewaktu manasin mesin kok ada ngebul tipis berwarna putih….bisa dicurigai seal klep
pasti sudah kemakan…saat mesin sudah stasioner setelah panas…biasanya
asap putih akan hilang sendirinya….tapi jangan ditanya…seminggu
berselang oli akan berkurang dari awal sewaktu pertama diisi…hehehehe….
Kenapa seal klep bocor bisa terjadi…
1. seal klep sudah aus…4tahun masa
pemakaian atau 50ribu KM yo jelas karet pada seal klep ini sudah lower
alias kendor…meskipun seal yang bagus terbuat dari silikon
2. as klep bengkok!!..inilah faktor yang
menyebabkan seal klep bahkan bos klep jebol…setting top yang terlalu
mundur biasanya menjadikan klep berciuman dengan piston saat TMA..
3. oli yang naik keruang bakar….ring oli
yang sudah aus akan menyebabkan oli akan masuk keruang bakar saat piston
bertranslasi….nah sisa pembakaran yang berupa kerak ini akan mengeras
dan menempel pada payung klep dan as klep yang ujung2nya membuat seal
klep njeber dan kaku
Nah…dari sini bisa dipastikan kalo mesin ngebul ya korter+ ganti seal
klep sekalian biar gak 2kali kerja…toh harga seal klep cuma
25ribu-40ribu sepasang….
mudah2an tulisan ini bisa menjawab pertanyaan2 yang masuk via sms
atau wa…untuk ilustrasi saya ambil dari gugel lho ya…yang atas
penampakan vixion/jupi mx…yang bawah sonicnya honda yang nempel ke mesin
matic!!
Sumber : 5osial.com
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html
No comments:
Post a Comment