Tuesday, July 4, 2017

Cara Ganti Seal Shock Depan Motor Honda Tiger

Kerusakan Shockbreaker depan motor Tiger biasanya diakibatkan karena kekurangan oli, muatan terlalu berat, mengendarai motor dijalan yang rusak dengan kecepatan yang agak kencang dan lain sebagainya.


Cara Ganti Mengganti Seal Shock Depan Motor Honda Tiger

Salah satu akibat yang ditimbulkan adalah rusaknya Seal Shock yang berpengaruh pada ke-empukan shock ketika motor digunakan. Hal ini ditandai dengan adanya oli yang merembes pada as shock. Bagaimana cara ganti sealnya ? berikut saya jabarkan pada artikel ini.

Cara Mengganti Seal Shock Depan Motor Honda Tiger

Alat yang dugunakan
1. Kunci 18
Disarankan menggunakan kunci T atau kunci shock karena dibutuhkan kekuatan extra supaya mur tidak rusak.
2. Kunci 17
Bisa menggunakan kunci pas karena tidak membutuhkan tenaga yang besar dalam penggunaan.
3. Kunci 12
Disarankan menggunakan kunci T atau kunci shock karena dibutuhkan kekuatan extra supaya mur tidak rusak.
4. Kunci L atau kunci segi 6.
5. Tracker biasa dibuat sendiri

Cara Ganti Mengganti Seal Shock Depan Motor Honda Tiger

Bahan

  1. Seal 1 set atau tergantung yang rusak.
  2. Oli shock, disarankan menggunakan olie showa karena tingkat kekentalanya standard pabrik AHM.
Persiapan


Cara Ganti Mengganti Seal Shock Depan Motor Honda Tiger

1. Ganjal mesin motor dengan kayu dan yakinkan supaya motor tidak ambruk kedepan ketika roda dilepas.
2. Lepas roda depan dengan menggunakan kunci 18.
3. Lepaskan Cakram dengan cara menarik keluar dengan sedikit tenaga, cara ini untuk mempermudah dalam melepas cakram tanpa menggunakan kunci bintang. Jangan khawatir akan rusak, karena pada dasarnya cakram bisa bergerak kekanan dan kekiri secara bebas.
4. Renggangkan baut yang ada dibawah shock dengan kunci L (13,14) jangan sampai terlalu renggang agar oli tidak menetes, langkah ini bertujuan untuk mempermudah dalam melepas baut nantinya.
5. Renggangkan baut yang ada diatas shock dengan kunci 17 (17), langkah ini bertujuan untuk mempermudah nanti dalam melepas baut.
6. Buka baut 12 pada pemegang shock.
7. Lepas shock dengan cara menarik kebawah.

Mengganti Seal

  1. Sediakan tempat penampungan oli
  2. Buka baut yang ada pada bawah shock (13,14) jangan lupa sajikan tempat untuk menampung oli dibawahnya.
  3. Tarik FORK ASSY., R. FR. SILVER (1) sampai lepas.
  4. Congkel seal karet atas (16) dengan obeng minus.
  5. Lepas penginci seal (15)
  6. Lepas seal bawah (10) dengan traker
  7. Bersihkan dalam CASE COMP., R. FR. BOTTOM SILVER (12) dengan kain sampai bersih karena biasanya ada kotoran.
  8. Ganti seal yang lama yang didalam dengan yang baru dengan dipukul kesegala arah jangan menggunakan alat yang tajam dan runcing karena dapat merusak sheal yang baru.
  9. Masukan seal atas dengan cara yang sama.
  10.  Beralih kebagian FORK ASSY., R. FR. SILVER (1)
  11. Lepas baut atas (17) hati-hati karena baut bisa melontar kedepan untuk lebih amannya pakailah tutup kain pada baut.
  12. Setelah baut terlepas, tarik pegas dan bersihkan, jangan lupa semua komponen dibersihkan.
  13. Setelah bersih kembalikan FORK ASSY., R. FR. SILVER (1) seperti semula.
  14. Masukan FORK ASSY., R. FR. SILVER (1) kedalam CASE COMP., R. FR. BOTTOM SILVER (12) kencangkan baut sampai benar-benar kencang. Jangan lupa sebelum baut dipasang, baut dibalut dengan isolasi pipa pvc biar oli tidak bocor.
  15. Kembalikan shock seperti semula.
  16. Setelah shock terpasang seperti semula buka tutup atas dan masukan oli.
  17. Selesai.

Catatan : untuk menghasilkan denyut shock yang ideal, jika hanya satu shock yang bocor sebaiknya oli kedua shock ditakar ulang dengan volume yang sama , karena oli akan berukang jika digunakan dalam jangka panjang. Shock yang satunya sebaiknya dilepas, baut 17 dilepas selanjutnya dibalik agar oli yang tersisa dapat keluar dan diisi lagi dengan volume yang sama. Jika anda tidak cukup uang untuk membeli oli shock, anda dapat tambahkan dengan oli bekas shock yangsatunya,

Sumber : aksimotor.blogspot.co.id
 http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html

No comments:

Post a Comment