Shockbreaker, sesuai namanya, adalah suatu alat untuk meredam getaran
yang muncul saat kendaraan kita mengenai jalanan yang tidak rata atau
lubang dijalan tuh brosist. Kegunaan shockbreaker juga sangat penting
dan vital, mengingat fungsinya yang memang untuk meredam getaran serta
membuat kendaraan lebih nyaman dinaiki.
Kebayang dong kalau gak ada
shockbreker namun hanya sebatang besi yang melintang misalnya, pasti
ajrut-ajrutan dan ga nyaman banget!
Maka dari itu, baik mobil maupun motor pasti dibekali dengan alat
peredam brosist. Khususnya motor nih, shockbreaker jadi salah satu part
yang paling penting dalam meredam getaran ke rider! Kalau di motor sih,
kita biasa mengenal shockbreaker depan dan shockbreaker belakang ya
brosist.
Kalau shockbreaker belakang, pada sepeda motor ada berbagai versi.
Antara lain Monoshock alias shockbreaker hanya satu dan ditengah, biasa
digunakan oleh motor-motor sport. Lalu ada dual shock, biasanya
digunakan oleh motor bebek jaman dulu, motor sport jaman dulu, dan
motor-motor skutik jaman sekarang. Dan masih ada berbagai versi shock
belakang lainnya brosist.
Kalau shock depan? Nah ini yang juga ada berbagai macam brosist.
Biasanya kalau di motor Matic/bebek, bentuk shock depannya tidak
langsung ke segitiga atas, melainkan dipasang di segitiga bawah. Kalau
di motor sport biasanya shockbreaker langsung dipasang ke segitiga atas
dan langsung dekat dengan stang. Mungkin agar lebih nyaman dan
distribusi getarannya lebih baik ke seluruh bagian shock.. entah ya..
Nah, kali ini saya mau ngomongin shockbreaker depan Yamaha Byson.
Seperti yang kita tahu, Yamaha Byson punya shockbreaker depan dengan
ukuran yang amazing bingit untuk motor kelas 150cc. Ukurannya 41mm
brosist! Yap, sama dengan ukuran moge seperti Kawasaki ER6n, lalu sama
juga dengan ukuran shockbreaker kakaknya, Yamaha MT25, dan beberapa moge
lainnya. Makanya, tampilan shock depannya jadi gagah abis! Karena besar
dan terlihat kekar, plus kenyamanannya juga diatas rata-rata motor
sekelasnya brosist..
Dengan bentuk dan ukurannya yang besar, tentu ada kompensasi yang harus dibayar brosist. Apa saja sih? Langsung simak yuk!
Shockbreaker Yamaha Byson yang berukuran 41mm ini memang gagah dan
kuat brosist. Gak heran, motor ini juga nyaman banget kalau dibawa
sehari-hari. Lewat lubang ncess ajah, belum lagi getaran mesinnya yang
minim, hmm, nyaman! Tapi.. Kalau shockbreaker depannya bocor gimana
nih?? Costnya gede gak sih benerinnya?
Kebetulan minggu lalu, saya kena apes nih brosist. Pas lihat bagian
bawah, kok shockbreaker depan sebelah kanan bocor nih?? Alhasil oli
keluar-luar dan bikin penampilan serta pembawaannya jadi ga enak banget!
Pantes, motor jadi kurang stabil saat dibawa miring, padahal cek ricek
bearing, ban, semua masih mayan oke!
Langsung bawa ke bengkel resmi dekat rumah, takut hal-hal yang tidak
diinginkan terjadi lagi. Ealaaah! Parah brosist. Ternyata itu bengkel
resmi bener-bener judes banget pelayanannya, kayak gak pengen punya
pelanggan, plus belum diagnosa aja dia sudah berani matok harga diatas
400ribu buat benerin satu buah shock! Edaann.. Gak pake lama, saya gass
si kebo dari beres yang kurang beres tersebut, kecewah aink!
Akhirnya saya coba bawa si Edward (Kebo 2012) ke bengkel biasa yang
cukup besar di dekat rumah juga, ga jauh dari beres yang ga beres tadi.
Selidik punya selidik, ngobrol-ngobrol dengan mas-mas mekaniknya,
ternyata cuma harus ganti seal shock Byson saja, dan katanya ga perlu
ganti inner tube seperti yang dibilang beres tadi! Hmm.. Oke bongkar!
Karena saya dari awal ngangkut si kebo belum pernah ganti oli shock,
jadilah saya beli juga tuh oli untuk isi di dalam shockbreakernya
brosist. Volume oli shock si kebo ternyata gila juga untuk motor 150cc.
Satu batang shock habis oli sebanyak 460ml brosist! Jadi saya kudu beli 5
dus oli Jumbo (oli khusus shock) dengan isi 2 botol tiap dus. Jadi
total 10 botol semua.. Plus, saya kudu beli seal shocknya seharga 33
ribu satunya, saya beli dua langsung biar aman deh! Yang satu juga sudah
bocor alus ternyata..
Langsung bongkar, keluarin oli dari dalam shock, ternyata tuh oli
sudah campur air dan warnanya sudah kecoklatan. Kalau ga segera diganti
mungkin akan menyebabkan karat parah didalam tabung shock tuh brosist,
ngeri..
Cek inner tube, ternyata masih alus! Alhamdulillah, dugaan beres
tersebut yang langsung memvonis inner tube kebo saya baret parah bisa
ditepis. Langsung pasang seal shock yang jadi tameng biar oli ga
keluar-luar ke tube luar, pasang lagi seal debu dan langsung pasang ban
depannya lagi brosist, biar ga ribet.
Bagian terakhir ini yang butuh konsentrasi ternyata. Abang montirnya
saya wanti-wanti supaya memberikan takaran yang benar-benar pas untuk
shock si kebo! Yakni masing-masing rata-rata 460-470ml, ga boleh lebih!
Pantes dia garuk-garuk kepala kemaren wahaha…
Akhirnya diukur pakai gelas ukur, dan dituang ke masing-masing shock
lewat segitiga atas. Jos, oli shock Jumbo langsung keisi kedalam shock
si kebo. Test rebound, jadi agak stiff. Test jalan dan meliuk liuk JOS!
Feel limbung dan ngebuang sebelumnya langsung sembuh dan ga ada lagi..
mantaap.. Sudah ditest Jakarta-Bandung-Jakarta melintasi hujan, banjir,
dan debu alhamdulillah masih aman. Tinggal kita tunggu awet apa engganya
nih yah..
So, total, saya habis sekitar 160ribu saja brosist. Dengan rincian
seal shock 66 ribu sepasang, oli shock jumbo 50 ribu (5 botol), sisanya
ongkos pasang dan ongkos betulin rem plus klakson. Alhamdulillah,
ternyata ga mahal-mahal amaat! :D. Lha kok judulnya mahal?? Ya saya
anggap ga murah, soalnya dulu ganti oli shock revo ga sampe abis 60
ribu.. Tapi kenyamanan jelas jauh beda! So, tetep murah lah yaa…
Jadi, buat para rider Kebo di seluruh Indonesia, jangan panik ya
kalau oli shocknya bocor. Apalagi panik kalau dikibulin beres langsung
diketok harga mahal. Ada baiknya cek parts catalogue biar ada gambaran
kira-kira berapa budget yang harus dikeluarkan untuk sikebo kesayangan.
Ada baiknya juga jika kita bisa lebih dulu memahami dan mendiagnosa
sendiri apa yang rasanya kurang enak di motor sendiri, biar gimanapun
yang tau pasti rasa motor kita ya kita sendiri… :D.
Semoga berguna ya brosist! Salam rider Byson senusantara!
sumber : indorider.com
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html
Kemarin kebo juga mau ganti lampu. Jadi nanya ke beres, ada lampu Byson yang merek Philips aslinya. Dia bilang ada. Di patok 100 ribu buat tu halogen. Akhirnya gw beli merk aspira. Ternyata kurang joss. Beli lagi di shopee dapet Dari Official Shop Philipsnya. Cuma 30 ribu + ongkir ±45 ribuan lah. Sekarang udah bagus. Terang. Beres memang ga masuk akal matok harga
ReplyDelete