Kali ini penulis mau share artikel tentang “Cara Mengganti Oli Sil Shockbreaker Depan Honda Vario”. Sebenernya untuk menggganti oli sil shockbreaker sangatlah mudah dan pastinya sobat bisa menggantinya sendiri dirumah, lumayan kan bisa sedikit menghemat dan tentunya sobat tidak perlu antri dibengkel.
Udah pada taukan pungsi shockbreaker depan, pastinya udah pada tau kan ? so, gak usah di jelaskna lagi apa pungsinya. Namun kebanyakan orang selalu menyepelekan untuk mengganti atau menservice oli sil shockbreakernya nya dan akhirnya berakibat fatal sehingga dana yang harus dikeluarkan menjadi lebih besar karena as shockbreaker mengalami kerusakan atau baret. Sebab bila as shock udah baret kemungukinan besar tidak bisa diperbaiki lagi.
Untuk gejalanya sendiri biasanya oli nya keluar dari sela-sela seal dan bila terus menerus oli shock nya keluar tentunya peredam kejut sobat tidak berpungsi secara maksimal dan lebih parahnya lagi bisa beresiko terjatuh dari motor, sebab bila rem depan ditekan tentunya shockbreaker menggimbangi untuk menyetabilkan motor. Nah kebayang dong bila salah satu shock depan sobat tidak berpungsi atau oli nya habis, penulis jamin pasti serasa ngebuang ke shock yang mengalami kerusakan.
Penulis sendiri pernah kejadian pada bagian shockbreaker depan Ninja, akibatnya sih sepele banget. Waktu itu mau naikin as shockbreaker depan biar motor lebih pendek, namun waktu itu penulis tidak memiliki sigmat atau penggaris sehingga hanya main fealing aja untuk ukuran kenaikan shock antara yang kiri dan kanan. Penulis pikir beda dikit doang gak masalah lah, eh namun yang terjadi malahan pas penulis rem depan agak kenceng nekannya motor langsung ngebuang dan yang terjadi penuls jatuh dari motor.
Setelah ngalor ngidul cerita, tentunya langsung aja ya ke artikel yang penulis ceritakan diatas. Untuk persiapa awal tentunya sobat harus menyiapkan kunci-kunci pendukung dan tentunya sobat harus membeli oli seal dan oli shockbreaker nya. Untuk kunci-kunci yang harus dipersiapkan penulis sudah merangkumnya dibawah ini :
Kunci-Kunci Untuk Membuka Shockbreaker Honda Vario
- Kunci T12
- Kunci T10
- Kunci T14
- Kunci Ring 10
- Kunci Ring 19
- Obeng – +
- Kunci L fullset
- Kunci Ring 14
Cara Mengganti Oli Sil Shockbreaker Depan Honda Vario
- Buka baut plat nomor menggunakan obeng + dan kunci 10.
- Buka dudukan plat nomor menggunakan kunci T10.
- Buka baut bodi depan menggunakan obeng +.
- Buka baut headlamph atau lampu depan menggunakan kunci T10
- Setelah baut terbuka silahkan lepaskan bodi depan dan lampu depan secara perlahan.
- Setelah terbuka, buka bodi dalam menggunakan obeng +.
- Buka beberapa soket berwarna merah, putih dan hitam yang menghubungkan soket dari kontak ke bagian aki menggunakan tangan sambil ditekan penguncinya atau dicungkit menggunakan obeng -.
- Setelah soket terbuka sebaiknya bagian bawah motor ditahan bisa menggunakan dongkrak atau kayu biar motor tidak jatuh ketika roda dibuka atau dilepaskan.
- Buka baut roda menggunakan kunci ring 19 dan setelah itu lepas roda depan.
- Setelah semuanya kebuka silahkan lepas baut penahan shockbreaker menggunakan kunci ring 14 atau kunci T 14. Untuk bautnya senidiri ada 2 bagian kiri dan 2 bagian kanan.
- Setelah itu lepas kaliper cakram menggunakan kunci ring 14 atau kunci bintang, penulis lupa sebab hanya mengganti seal sebelah kiri.
- Lanjut, lepaskan shockbreaker dari motor, lalu buka pengunci tutup shock depan atas menggunakan obeng – tipis sambil tutup nya ditekan menggunakan obeng.
- Setelah lepas buka lalu keluarkan per shockbreaker dan buka juga baut pengunci sock bawah menggunakan kunci L.
- Lepaskan as shock dar selongsong dan jangan lupa bersihkan as mapun pernya mengunakan bensin sampai bersih.
- Setelah semuanya bersih, lepaskan karet penutup slongsong shockbreaker lalu lepaskan seal yang rusak menggunakan obent – besar, namun penulis sendiri menggunakan besi cungkilanuntuk melepaskan ban.
- Untuk oli shockbreakernya sendiri penulis mengunakan merk jumbo, dan untuk takaran oli nya sendiri penulis menggunakan 75% dari satu botol untuk sebelah shock, namun itu bukan patokan yang pasti sebab per juga mempengaruhi kekerasan shockbreaker. Tinggal ikutin pealing aja.
- Setelah semuanya beres dan tentunya serasa pas keempukannya sobat bisa memasangnya sesuai urutan.
Namun bila as shock udah baret atau luka tentunya sangat dirasa percuma bila diganti oli sil nya juga sebab oli akan tetap bocor. Nah makanya itu, penulis menyarankan jangan tunggu oli habis baru ganti sil sebab sangat berakibat fatal.
Sumber : otoplanet.com
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html
No comments:
Post a Comment