Bila terjadi rembesan atau adanya kebocoran oli di motor, jangan dianggap remeh karena dapat mengakibatkan kemogokan sehingga ujung-ujungnya bongkar mesin bahkan bisa sampai ganti seher.
Salah satu penyebab kebocoran itu bisa terjadi pada oil seal perseneling yang sudah rusak. Pemicunya karena robek ataupun sudah terlalu keras akibat usia pakai. Sehingga daya tahan atau daya perapatannya sudah berkurang.
Selain sebagai perapat, sil perseneling berfungsi menahan oli dan tekanan oli dari dalam bak mesin.
Kalau sampai bocor, oli akan merembes/bocor.
Di bawah ini akan dijelaskan mengganti sil perseneling Honda Supra. Siapkan terlebih dahulu kunci pas/ring 10, kunci T-10 dan obeng min dan kunci busi atau pipa kecil yang diameternya seukuran SP.
Tidak perlu menggunakan tap oli karena oli yang keluar dari rumah sil tidak banyak.
Pertama, posisikan tunggangan motor pakai standar tengah. Kemudian, lepas tuas perseneling pakai kunci 10 dan dilanjutkan lepas tutup gir roda depan pakai kunci T-10.
Jangan lupa ganjal kaki standar bagian kiri pakai kayu secukupnya agar oli mesin yang keluar tidak terlalu banyak. Lalu lepas sil perseneling dengan cara cukup dicungkil keluar pakai obeng min.
Selanjutnya bersihkan lubang rumah sil perseneling dengan bensin.
Lalu masukkan sil perseneling baru dengan posisi tegak lurus. Cara pasang pada rumah sil bisa dengan bantuan kunci busi atau pipa kecil seukuran dengan sil yang diketok dari luar. Bila posisi sil samping miring, ini akan rawan bocor lagi.
Sebelum dirakit kembali, cek terlebih dahulu apakah masih bocor atau tidak dengan menghidupkan mesin selama 5 menit. Bila sudah yakin tidak ada kebocoran, bagian-bagian motor dapat dirakit lagi seperti semula.
Sumber : http://districtnaga.blogspot.co.id/
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html
No comments:
Post a Comment