Wednesday, January 25, 2023

Ciri Roller CVT Motor Matic Honda BeAT Rusak, Jangan Sering Bawa Beban Berat

Ciri roller CVT motor matic Honda BeAT rusak dan minta diganti, awas jangan sering bawa beban berat. Ternyata roller di CVT motor matic Honda BeAT bisa aus alias rusak seiring pemakaian.

Kerusakan yang dimaksud adalah bentuk roller peyang atau bopeng.

Meski begitu, Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan, ada ciri yang bisa dirasakan bikers saat roller CVT motor matic Honda BeAT rusak.

"Tanda-tandanya performa motor turun, akselerasi jadi kurang, dan suara mesin di bagian CVT akan lebih kasar di banding sebelumnya," ungkap Endro saat dihubungi MOTOR Plus-online.

Selain itu, roller yang sudah rusak bisa bikin menggerus jalur rumah roller dan malah keluar uang banyak untuk perbaikannya.

"Tingkat keausan bisa terjadi antara roller dan rumahnya," lanjut Endro.

Endro menjelaskan, ukuran roller di setiap motor matic belum tentu sama.

Misal pada motor matic Honda BeAT karbu, berat rollernya 12 gram. Kemudian Honda BeAT FI punya bobot roller 13 gram.

Sementara untuk Honda BeAT eSP atau yang dijual AHM saat ini, pakai roller 15 gram.

Terpisah, Yudi Service Advisor Bengkel AHASS Serimpi Makmur Sejati mengimbau bikers untuk rajin mengecek roller saat servis CVT.

"Kalau dibanding komponen CVT lain, roller itu yang paling jarang (diganti). Tapi balik lagi ke pemakaiannya," buka Yudi, Rabu (21/12/2022).

Yudi menambahkan, roller peyang biasanya ditemukan di motor matic yang jarang cek area CVT, serta motor matic yang sering membawa beban berat.

"Kebanyakan (CVT) yang jarang dicek, (roller) bisa peyang juga karena sering membawa beban berat," terangnya.

Ia mengimbau, untuk mengecek kondisi komponen tersebut secara berkala.

"Umurnya itu biasanya lebih dari 24 ribu kilometer, atau 2 tahun pemakaian. Walaupun jarang terjadi kerusakan, tapi perlu dicek setiap jadwalnya servis. Jadi supaya bisa mengetahui apakah harus diganti atau pembersihan saja," ungkapnya.

Jika muncul ciri-ciri tersebut, langsung bawa ke bengkel dan cek roller CVT motor matic Honda BeAT brother, mungkin sudah saatnya diganti.

Sumber: motorplus-online.com

No comments:

Post a Comment