Tuesday, October 10, 2017

Penyebab Mesin Motor Ngebul dan Oli Berkurang…

Gambar ilustrasi pakai mesin Apache... :mrgreen:
Gambar ilustrasi pakai mesin Apache… :mrgreen:
Yeah… Sekali kali artikel sok tau, karena kemarin baru dapat wangsit dari Juragan DOHC :mrgreen: … Mesin Orangejuss ngebul dikit dan boros oli mesin, baru menempuh 1000 km sudah nambah oli sebanyak 400an ml… Sangat tidak wajar karena biasanya cuman nambah beberapa puluh ml… Kebocoran oli pada sela sela mesin pun nihil pada waktu saya periksa, disinyalir oli masih keruang bakar dan ikut terbakar bersama bbm… Tambah yakin kalau masuk keruang bakar karena keluar asap putih tipis pada knalpot saat memanasi motor pada pagi hari… Pasti ada yang ga beres, dan langsung saja menghubungi WD Garage untuk stor motor :mrgreen:


Juragan DOHC ga berani berspekulasi terhadap borosnya oli dan keluarnya asap putih ini… Karena memang menurrutnya ada berbagai macam penyebabnya, antara lain seal klep yang sudah jelek dan ring piston yang sudah soak…
ganti seal klep (2)
Seal klep, ini bendanya kecil, mungil, dan imut imut, harganya pun murah meriah, paling 20 ribuan… Namun pada saat ganti seal klep musti buka head silinder, letaknya didalam head silinder… Kalau Pulsar sendiri musti turun mesin seglondong karena rangka akan menghalangi untuk membuka silinder head… Motor ada yang memakai 4 klep dan 2 klep per silinder, tergantung motornya… Kalau seal klep sudah aus dan rawan bocor ganti saja wong harganya cukup murah…
Spare part ring piston Pulsar...
Ring piston, ini letaknya lebih rumit lagi, benda yang terdiri beberapa ring ini terletak di piston… Piston sendiri letaknya ditengah tengah silinder, jadi kalau ganti musti copot semua headnya sampai bawah… Penggantian ring piston sendiri sepertinya cukup rumit… Musti melepas semua silinder head, lepas piston, dan baru proses penggantian ring pistonnya… Harga ring piston Bajaj Pulsar 180 UG4 seperti di atas saya kemarin tebus dengan mahar 80 ribu rupiah…

Cukup mahal untuk ukuran beberapa ring besi tipis, tapi ini original diimport dari India, jadi ga papa lah mahal dikit :mrgreen:
Setidaknya dua itu yang disampaikan Juragan WD kemarin pada saat akan menangani OrangeJuss yang olinya ngowos mirip lokomotif dan sedikit ngebul… Kalau ada penyebab lain mungkin adanya kebocoran pada bak mesin, seperti packing yang sudah mulai rusak atau sobek…

Last, bagi yang oli mesin motornya berkurang banyak dan tidak wajar ada baiknya segera check up ke bengkel… Kalau oli mesin berhasil masuk ke ruang bakar bisa tidak baik bagi masa depan komponen di ruang bakar seperti piston dan klep tuh… Oli yang ikut terbakar bakalan jadi penyumbang kerak yang akan memenuhi mesin sehingga mesin tidak bisa bekerja sempurna…

Sumber : ardiantoyugo.com
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html

1 comment:

  1. Pantesan motor ane si burhan ngebul, ini toh penyebabnya. thanks

    ReplyDelete